Home Berita Pidato Drs. H. Anwar Idris

Pidato Drs. H. Anwar Idris

PIDATO YAYASAN WISUDA SARJANA & AHLI MADYA ANGKATAN III STMIK BINA BANGSA LHOKSEUMAWE - ACEH.

SABTU, 18 JANUARI 2014

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillahirabbil Alamin, wassalatu wassalamu ‘ala asyrafil ambiai wal mursalin, waala alihi wasah bihi ajmain.

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji beserta syukur kepada Allah  SWT. atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita pada hari ini dapat menghadiri upacara Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Bangsa Lhokseumawe.

Selawat ber-iring salam kita persembahkan kepangkuan Alam Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah merubah perilaku kehidupan manusia dari kehidupan Jahiliyah kepada kehidupan yang beradab dan berakhlak mulia.

  • Yth. Bapak Gubernur Provinsi Aceh atau yang mewakilinya,
  • Yth. Bapak Walikota Lhokseumawe atau yang mewakilinya,
  • Yth. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I   Sumatera Utara,
  • Yth. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah XIII Aceh,
  • Yth. Para Rektor, Ketua, Direktur Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta yang hadir saat ini,
  • Yth. Bapak Ketua Pembina, Pengurus, Pengawas Yayasan Bina Bangsa Lhokseumawe,
  • Yth. Bapak Ketua, Anggota DPRA dan DPRK Lhokseumawe,
  • Yth. Bapak-bapak Unsur Muspida Kota Lhokseumawe,
  • Yth. Para Kapolres Kota Lhokseumawe, atau yang mewakili.
  • Yth. Anggota Senat STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe
  • Yth. Sekretaris Daerah, Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Dinas, Badan, Lembaga, Kantor dan Perbankan di lingkungan Kota Lhokseumawe,
  • Yth. Pimpinan PT. Arun dan BUMN yang hadir saat ini,
  • Yth. Pengurus Ikatan Alumni STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe, dan
  • Yth. Sivitas Akademika Universitas Almuslim.

 

Yang kami cintai dan banggakan wisudawan, serta yang kami muliakan orang tua, suami atau isteri wisudawan yang pada hari ini telah ikut menyaksikan pelantikan putra putrinya, suami, isteri tercinta sebagai Sarjana dan Ahli Madya STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Undangan yang kami muliakan,

Pada kesempatan yang sangat bernilai ini, kami menyampaikan ucapan selamat datang dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu, suami dan Istri para Wisudawan atas kesempatan dan kerelaan memenuhi undangan kami, untuk menghadiri acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Lhokseumawe yang kita cintai ini. Kehadiran Bapak/Ibu/Saudara semua semakin menambah motivasi, dan kehormatan prosesi acara wisuda yang kita laksanakan pada hari ini.

Para wisudawan yang kami banggakan,

Hari ini, di Aula PT. Arun LNG Aceh, dalam suasana yang hikmah ini, seluruh perhatian hadirin berpusat pada keberhasilan Anda. Karena itu, saya mohon Anda bersabar sejenak untuk mendapatkan pencerahan dari kami, sebagai Pengurus Yayasan yang menaungi lembaga pendidikan STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe, serta beberapa sambutan yang disampaikan oleh Bapak Kopertis Wilayah-I Sumatera Utara, dan Wilayah-XII Aceh.  Semoga bermanfaat bagi anda dan kita semua.

Wisudawan yang berbahagia,

Masyarakat menunggu tanggung-jawab Saudara terhadap pilihan yang telah Saudara pilih, menjadi Ahli Madya atau menjadi Sarjana pada bidang Teknologi Informasi ini. Keberhasilan yang Saudara capai hari ini bukanlah semata-mata milik Saudara. Oleh karena itu, di balik keberhasilan tersebut, Saudara dituntut untuk berbagi ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain, yaitu mereka yang secara langsung maupun tidak langsung ikut berkontribusi terhadap keberhasilan Saudara.

Semangat dan motivasi diri menjadi sangat penting untuk menjadikan seseorang mampu mandiri berbuat dan menghasil-kan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Di samping itu, rasa kebersamaan yang tinggi juga diperlukan untuk dapat berjalan seiring dengan anggota masyarakat lainnya. Manfaat ilmu pengetahuan, keterampilan di bidang IT yang dibagi dan disebarkan oleh seorang insan berpendidikan tidak dapat diukur hanya dengan tingkat efektivitas dan efisiensinya saja, tetapi terasa dari peran dan keberadaannya, serta keserasian dan keselarasan langkahnya di dalam masyarakat.

Saudara merupakan bagian dari potensi insani, yang sangat diharapkan memiliki kemampuan professional, untuk meneruskan pembangunan. Terutama dalam masa sulit seperti sekarang ini. Dalam pendidikan formal yang baru saja Saudara selesaikan, Saudara telah dibekali IPTEKS, dan diilatih untuk mempunyai disiplin dan penalaran yang logis, kritis, sistemik dan konsisten. Itu semua diperlukan untuk membentuk struktur ilmu dan pengetahuan yang kokoh, tetapi tetap berpegang pada norma agama.

Dengan bekal itu, diharapkan, Saudara dapat mengembangkan sendiri daya kreativitas dan daya inovatif yang tinggi. Kemampuan tersebut akan sangat membantu dalam proses penyelesaian masalah nyata, dan proses pengambilan keputusan. Itulah alasan, mengapa kampus kita ini ber-motto-kan ”Cerdas, Profesional dan Entreprenuership”.

Masyarakat membutuhkan potensi insani yang professional, tetapi beradab, yaitu potensi insani yang kreatif, inovatif, pandai berkomunikasi dan mampu mengambil keputusan dengan cepat, seraya semua hasilnya akan berpulang pada sang Khalik yang mengaturnya. Mereka tidak mudah menyerah dan selalu mencoba hingga berhasil, mampu bekerja keras dengan disiplin tinggi.

Menurut ahli psikologi, keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ-nya saja, tetapi juga oleh EQ-nya, yaitu Intelegensia Emosi-nya. Pribadi dengan Intelegensia Emosi yang tinggi adalah pribadi yang mampu mengendalikan dirinya, mampu memotivasi dan menggairahkan diri dalam bekerja, pantang menyerah, selalu optimis, proaktif, mempunyai humor tinggi, pandai bergaul, berdisiplin tinggi, beradab, dapat menekan egonya dan mempunyai komitmen dan tanggung jawab tinggi. Mereka adalah pribadi yang berkarakter, mandiri, yang mampu melakukan penyempurnaan berkelanjutan.

Wisudawan yang berbahagia,

Dalam dunia nyata, Anda akan menghadapi banyak perbedaan.  Saya mengharapkan, dalam perbedaan yang ada tetap dijaga kebersamaan, demokrasi dan musyawarah, membangun kemanusiaan yang tinggi, ulet dalam menghadapi persoalan dan mampu menjadi pemecah persoalan. Di samping itu, sebagai makhluk beragama, tingkatkan selalu iman dan takwa, serta mengembangkan budi pekerti luhur.

Karena hal itu merupakan suatu kewajiban dasar. Dengan itu, rasa persaudaraan di antara anggota masyarakat akan tumbuh, sehingga dapat dihindari konflik sosial yang menjurus ke arah kekerasan, yang menghancurkan diri sendir,i dan melemahkan kesatuan bangsa.

Bapak Walikota dan Hadirin yang saya hormati,

Sebagaimana laporan dan sambutan Ketua STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe tadi, hari ini STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe kembali mewisuda para Ahli Madya dan Sarjananya, yang merupakan wisuda angkatan ke-III.  Dengan demikian, sampai saat ini kita telah melepas 825 Alumni di bidang Teknik Informatika dan Manajemen Informatika Komputer.

Di masa mendatang kita terus berupaya menambah anak-anak bangsa yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang IT di seluruh Aceh, dan juga kita berharap, sebagian besar para alumni ini mampu menjadi entrepreneur, dan menciptakan pekerjaan.  Dari tangan, keterampilan dan buah pikiran merekalah kita berharap Aceh akan mampu bangkit dan maju dari ketertinggalannya menguasai informasi dan teknologi di masa depan.

Untuk mencapai harapan tersebut. Dua tahun terakhir STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe terus menerus melakukan perbaikan tata kelola perguruan tinggi, berupaya melaksanakan sistem manajemen mutu dan meningkatkan SDM dosen dan staf-nya. Beberapa prinsip manajemen mutu yang penting terus di tingkatkan, seperti perbaikan kinerja lembaga, sistem pelayanan, kepemimpinan, dan peningkatan hubungan yang baik dengan stakeholder.   Dengan demikian akan tetap dapat dijaga kepercayaan masyarakat, dan insya Allah atas doa dan dukungan masyarakat, kita akan berjuang di medio 2014 mendatang semua program studi akan memiliki akreditasi minimal B.

Hadirin yang kami hormati,

Sebagaimana telah kita ketahui, Pemerintah Republik Indonesia telah menggulirkan dua rencana induk (masterplan) penting, yaitu Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, yang dikenal dengan MP3EI dan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia atau MP3KI. Yang pertama berkenaan dengan pembangunan ekonomi, yang kedua berkenaan dengan pengentasan kemiskinan. Sebuah kata kunci yang ada dalam kedua rencana induk tersebut adalah perluasan pembangunan ekonomi, dan perluasan pengentasan kemiskinan.

Keberhasilan implementasi kedua Masterplan tersebut adalah untuk kepentingan segenap bangsa, dan untuk mewujudkan keberhasilan tersebut dibutuhkan partisipasi aktif dan kontribusi dari segenap komponen bangsa dan seluruh warga, khususnya para Sarjana dan Ahli madya yang memiliki IPTEK.   Karena dengan Iptek tersebut merupakan sumber yang vital bagi kemajuan bangsa. Para sarjana dan ahli madya di bidang IT ini dapat menjadi agen perubahan yang penting, bila dalam kiprahnya senantiasa menjunjung tinggi kebenaran dan menjalankan tanggung jawab sosialnya.  Oleh karena itu kita selalu berdoa, semoga Allah SWT yang Maha Memiliki Ilmu, Maha Pencipta dan Maha Pemelihara segenap umat manusia, mencurahkan Petunjuk-Nya kepada kita semua, khususnya kepada para wisudawan kita ini, sehingga dapat menjadikan IPTEK sebagai sumber kemajuan bersama yang berkeadilan sosial.

Wisudawan, Orangtua, Wali dan Hadirin yang berbahagia,

Perkenankanlah pada kesempatan yang berbahagia ini, sebagaimana halnya pada acara Wisuda yang lalu-lalu, saya atas nama Yayasan Bina Bangsa Lhokseumawe menyampaikan Selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi sebagaimana yang di cita-citakan. Dan juga terimakasih kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah Kota Lhokseumawe, atas bantuan, dorongan dan perhatian kepada kami untuk terus mengembangkan pendidikan di kota tercinta ini.

Akhirnya, marilah kita bulatkan tekad dan teguhkan niat untuk secara bersama-sama, bahu-membahu dalam memperkokoh lembaga ini sehingga mampu berkontribusi maksimal dalam proses pendidikan dan pencerdasan seluruh anak bangsa, serta dalam proses pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini.

Semoga Allah SWT melimpahkan pada kita semua hikmah dan hidayah-Nya, serta kekuatan dan kesabaran, dalam upaya mencapai apa yang telah kita cita-citakan.

Amin Ya Rabbal A’lamin, Hadanallah Waiyakum Ajmain

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Lhokseumawe, 18 Januari 2014

Pengurus Yayasan,

H. Anwar Idris, SE

Share